Asesmen menjadi kegiatan yang penting dilakukan dalam pembelajaran, tidak terkecuali dalam penerapan Kurikulum Merdeka. Asesmen berfungsi untuk mengetahui kebutuhan belajar serta perkembangan dan pencapaian hasil belajar peserta didik. Namun sayangnya pelaksanaan asesmen belum dimanfaatkan sebagai umpan balik untuk perbaikan pembelajaran karena belum dimanfaatkan sebagai umpan balik untuk perbaikan.
Berdasarkan fungsinya asesmen terdiri dari tiga jenis yaitu asesmen sebagai proses pembelajaran (assessment as learning), asesmen untuk proses pembelajaran (assessment for learning), dan asesmen pada akhir proses pembelajaran (assessment of learning). Ketiganya dapat dilaksanakan baik dengan metode asesmen sumatif maupun formatif.
Oleh sebab itu, agar pelaksanaan asesmen sejalan dengan tujuan yang hendak dicapai, pendidik diharapkan memperhatikan karakteristik dan fungsi dari assessment as learning, assessment for learning, assessment of learning. Jadi bagaimana karakteristik dan apa fungsi dari ketiga asesmen tersebut? Yuk, simak Webinar Series Pengembangan Kompetensi Guru, KS, PS Episode 1 dengan tema "Asesmen Pembelajaran", Rabu 7 Februari 2024 pukul 13.00 WIB, jangan lupa registrasi pada tautan s.bbgpjateng.id/webinarpkgksps1 ya