×
Kunjungan Koordinasi BBGP Jateng ke BBPPMPV Seni dan Budaya

Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Tengah melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya pada Senin (15/08) lalu. Kunjungan 11 orang dari tim BBGP Provinsi Jawa Tengah ini terdiri dari Pokja Pembelajaran, Transformasi Kepemimpinan Sekolah, Transformasi Sekolah, dan Kemitraan dalam rangka melakukan koordinasi, berbagi pengalaman dan membuat rencana kolaborasi untuk ke depannya. Kedua UPT, baik BBGP Provinsi Jawa Tengah dan BBPPMPV Seni Budaya, memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama yaitu berkontribusi menyukseskan kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) khususnya Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).  

Tim Percepatan IKM BBPPMPV mengemban tugas untuk mengawal IKM di Provinsi Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta dan Bali khusus di satuan jenjang pendidikan SMK. Dalam IKM untuk satuan jenjang pendidikan SMK memiliki kekhususan dimana lulusan yang bekerja, wirausaha, ataupun melanjutkan ke Perguruan Tinggi, semuanya harus ‘link and match’ dengan dunia usaha maupun dunia industri. Untuk program SMK Pusat Keunggulan mirip dengan Program Sekolah Penggerak, yaitu sama-sama terstruktur dan mendapatkan anggaran khusus. Di dalam pendampingan BBPPMPV Seni Budaya, Tim Percepatan IKM sudah melaksanakan program-program kerjanya seperti webinar dan kunjungan kerja ke pimpinan daerah di D.I. Yogyakarta. Untuk rencana ke depannya, BBPPMPV Seni dan Budaya akan bekerjasama dengan cabang dinas dan pengawas sekolah di Provinsi Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta dan Provinsi Bali. 

Diharapkan dalam pertemuan ini, kedua UPT baik BBGP Provinsi Jawa Tengah dan BBPPMPV Seni Budaya nantinya dapat saling mendapatkan referensi dan saling mengisi mengenai tujuan-tujuan kebijakan dari Kemdikbudristek sehingga dapat bersinergi memajukan pendidikan di Indonesia lebih baik lagi. Pertemuan diakhiri dengan foto bersama.