×
Penyusunan Jurnal Pendidikan BBGP Provinsi Jawa Tengah: Mendorong Pengetahuan dan Penyebaran Ilmu Pengetahuan Baru

Solo, 14 Juni 2024 - Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan "Penyusunan Jurnal Pendidikan BBGP Provinsi Jawa Tengah," yang bertujuan untuk mengedukasi dan membimbing calon penulis dalam merangkai naskah jurnal ilmiah yang bermutu. Kegiatan ini diharapkan akan berdampak positif dalam pengembangan pendidikan di Jawa Tengah.

Jurnal memiliki peran vital dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan penyebaran pengetahuan baru. Dengan membaca jurnal, para pembaca dapat memperbarui pengetahuan mereka, mempelajari temuan terbaru, atau memperdalam pemahaman tentang suatu topik. Namun, pemahaman tentang sistematika penulisan jurnal masih menjadi tantangan bagi sebagian besar orang, terutama di kalangan pendidik.

Tujuan dari kegiatan ini adalah:

1. Memberikan pengetahuan tentang penulisan jurnal ilmiah kepada calon penulis.

2. Memberikan masukan konstruktif kepada calon penulis terkait manuskrip/naskah jurnal ilmiah yang telah disusun.

3. Menghasilkan naskah jurnal ilmiah berkualitas yang dapat diterbitkan di Jurnal BBGP Provinsi Jawa Tengah (Jurnal Education Transformation) Vol 2 No 2 Tahun 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh 92 peserta yang terdiri dari guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, di Provinsi Jawa Tengah yang telah memenuhi syarat. Selain itu, 8 orang dari JFT Widyaiswara dan PTP di BBGP Provinsi Jawa Tengah juga turut serta dalam kegiatan ini.

Kegiatan Penyusunan Jurnal ini diselenggarakan pada tanggal 12 hingga 14 Juni 2024, di Lorin Solo Hotel. Kegiatan dibagi menjadi tiga kelas, memastikan pembimbingan yang intensif dan efektif bagi para peserta.

"Pemahaman tentang penulisan jurnal ilmiah sangat penting dalam mengangkat mutu pendidikan. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat melahirkan naskah-naskah berkualitas yang akan memberikan kontribusi besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan," ujar Iqbal Khamdani, Widyaiswara BBGP Provinsi Jawa Tengah.

Dengan penyelenggaraan kegiatan Penyusunan Jurnal Pendidikan ini, BBGP Jawa Tengah menegaskan komitmennya dalam memajukan dunia pendidikan melalui upaya konkrit dan berkualitas.