×
Pelatihan Pengimbasan Program Sekolah Penggerak Angkatan 1 untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Jawa Tengah

Jawa Tengah, 14 Juni 2024 - Dalam rangka mendorong transformasi satuan pendidikan guna meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistik, Program Sekolah Penggerak (PSP) terus berupaya memperkuat kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Melalui kegiatan Pelatihan Pengimbasan PSP 1, BBGP Provinsi Jawa Tengah telah menginisiasi langkah penting ini untuk mempersiapkan dan membekali kepala sekolah serta guru komite pembelajaran sebagai pengimbas.

Dilaksanakan secara luring pada tanggal 11 hingga 14 Juni 2024 di empat lokasi berbeda di Jawa Tengah, yaitu HARRIS Hotel & Convention Solo, Hotel Alana Solo, Hotel Rooms Inc Semarang, dan Hotel Novotel Semarang, kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan 258 peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan 1 guru komite pembelajaran dari sekolah pelaksana Program Sekolah Penggerak angkatan 1 yang ditunjuk sebagai sekolah pengimbas.

Pelatihan Pengimbasan PSP 1 ini menjadi langkah strategis untuk memastikan proses belajar, berbagi, dan berkolaborasi antar sekolah dapat berjalan efektif dan berdampak.

Selama tiga tahun, PSP telah memberikan pendampingan intensif pada satuan pendidikan melalui pelatihan peningkatan kapasitas kepala satuan pendidikan, pengawas sekolah, dan guru PAUD. Dengan mengacu pada petunjuk dan panduan yang telah disusun, pendampingan PSP diharapkan dapat meningkatkan kompetensi sumber daya manusia sekolah melalui pelatihan dan pendampingan yang berkelanjutan.

Peserta kegiatan Pelatihan Pengimbasan PSP 1 berasal dari 10 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, antara lain Kabupaten Demak, Grobogan, Kendal, Klaten, Sragen, Semarang, Temanggung, serta Kota Surakarta, Tegal, dan Pekalongan.

Kegiatan ini mencerminkan komitmen bersama untuk memperkuat ekosistem pendidikan yang lebih kuat dan berfokus pada peningkatan kualitas, serta menciptakan iklim kolaboratif bagi para pemangku kepentingan di bidang pendidikan baik pada lingkup sekolah, pemerintah daerah, maupun pusat.

Dengan diselenggarakannya kegiatan Pelatihan Pengimbasan PSP 1, Program Sekolah Penggerak terus bergerak maju dalam memperkuat pendidikan di Jawa Tengah, menegaskan komitmennya untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, inovatif, dan berdaya saing.