×
Lokakarya 3 Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 Kota Batam

#SahabatEdu, pada tanggal 12 Maret 2022 di Harmoni One Hotel & Convention Center Kota Batam telah dilaksanakan kegiatan Lokakarya 3 Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan 4 Kota Batam. Kegiatan dihadiri oleh Kadisdik Kota Batam dan Kadisdik Prov. Kepulauan Riau serta diikuti oleh calon guru penggerak dari kota Batam sebanyak 267 orang dengan rincian calon guru penggerak sebanyak 144 orang, kepala sekolah 91 orang, dan pengawas sekolah 26 orang.


Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) merupakan kegiatan pengembangan profesi melalui pelatihan dan pendampingan yang berfokus pada kepemimpinan pembelajaran agar mampu mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik; aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik; serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Profil pelajar Pancasila yang dimaksud adalah peserta didik yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, kreatif, gotong royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis, dan mandiri.


Program ini bertujuan memberikan bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogik kepada guru sehingga mampu menggerakkan komunitas belajar, baik di dalam maupun di luar satuan pendidikan serta berpotensi menjadi pemimpin pendidikan yang dapat mewujudkan rasa nyaman dan kebahagiaan peserta didik ketika berada di lingkungan satuan pendidikannya masing-masing. Rasa nyaman dan kebahagiaan peserta didik ditunjukkan melalui sikap dan emosi positif terhadap satuan pendidikan, bersikap positif terhadap proses akademik, merasa senang mengikuti kegiatan di satuan pendidikan, terbebas dari perasaan cemas, terbebas dari keluhan kondisi fisik satuan pendidikan, dan tidak memiliki masalah sosial di satuan pendidikannya.


PGP angkatan keempat yang telah dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 14 Oktober 2021 sekarang sudah memasuki modul 2.2 dan pendampingan individu 2 sebagai refleksi. Sehubungan dengan hal tersebut LPPKSPS mengadakan kegiatan Lokakarya 3 Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 Kota Batam setelah pendampingan individu selesai dilaksanakan.


Tujuan kegiatan Lokakarya 3 Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 Kota Batam adalah :

1. Peserta saling berbagi dan mampu menganalisis hasil pembelajaran dan harapan warga sekolah terhadap pembelajaran yang berdampak kepada murid.

2. Peserta mampu merumuskan dokumen awal visi, misi dan program sekolah yang berdampak kepada murid.

3. Peserta mampu menyepakati rencana aksi janji jangka pendek untuk dilaksanakan di sekolah


"Mari Terus Bergerak, demi Indonesia Maju"