×
Simposium Pengembangan Sekolah untuk Tingkatkan Kepemimpinan Pembelajaran di Wilayah Jawa Tengah

SURAKARTA - BBGP Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Simposium Pengembangan Sekolah dengan peserta dari unsur guru penggerak wilayah Jawa Tengah. Kegiatan simposium ini merupakan rangkaian kegiatan Upgrading Kepemimpinan Pembelajaran. 

Simposium Pengembangan Sekolah adalah kegiatan mengundang Guru Penggerak untuk mengirimkan naskah berbagi praktik baik yang dimiliki. Tema naskah praktik baik terdiri dari 6 tema, yaitu : (1) Kemampuan literasi; (2) Kemampuan numerasi; (3) Karakter; (4) Iklim keamanan sekolah; (5) Iklim kebhinekaan; dan (6) Kualitas pembelajaran.  Sejumlah 1.239 naskah praktik baik telah masuk untuk melalui proses seleksi dan 600 naskah terpilih untuk terlibat dalam kegiatan Simposium. Diantaranya, 10 Guru Penggerak yang terpilih pada setiap tema Simposium menjadi pembicara untuk berbagi praktik baiknya.

Kegiatan simposium dilaksanakan di Hotel Lorin Solo dan kegiatan dibuka pada hari Jumat (20/10/2023) oleh kepala BBGP Provinsi Jawa Tengah (Darmadi, S.Pd., M.Pd). Dalam pembukaan kegiatan ini Kepala BBGP Jateng menyampaikan bahwa “guru penggerak punya tugas yang sama untuk meningkatkan kualitas proses dan kualitas hasil pembelajaran, kegiatan ini adalah ihtiar meningkat kualitas pembelajaran bapak ibu guru penggerak di Jawa Tengah”. Diharapkan setelah kegiatan ini kualitas pembelajaran peserta bisa meningkat meskipun hanya sedikit.

Dihari selanjutkan dilaksanakan presentasi praktik baik dari 10 guru penggerak di setiap masing-masing tema. Dari 10 pembicara akan dipilih 1 (satu) pembicara terfavorit untuk selanjutnya menjadi pemateri dalam seminar pembelajaran yang berpusat pada peserta didik yang diselenggarakan Minggu (22/10/2023) di Edutorium UMS Surakarta.