×
Tahap Kedua Pelaksanaan Penyusunan Perangkat Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) oleh Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Tengah

Setelah diselenggarakan Penyusunan Perangkat Pelaksanaan IKM tahap pertama di minggu sebelumnya, mulai hari Kamis (18/08) dilaksanakan kegiatan tahap kedua selama dua hari. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai lanjutan persiapan dalam pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini melibatkan 26 pegawai BBGP Provinsi Jawa Tengah yang terdiri dari Widyaiswara, Pokja Pembelajaran, Pokja Transformasi Digital, Pokja PGP, Pokja PSP, dan Pokja Kemitraan di kantor BBGP Provinsi Jawa Tengah. 

Narasumber di kegiatan ini adalah Widyaiswara BBGP Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan diawali dengan pengarahan oleh Ketua Kelompok Kerja (Kapokja) Pembelajaran yaitu Drs. Sutar, M.Pd.Si. Dalam arahannya, beliau menyampaikan review hasil kegiatan pada tahap 1 dan output yang akan dicapai oleh pada kegiatan tahap 2 ini. 

Dalam tahap kedua Penyusunan Perangkat Pelaksanaan IKM ini, hasil dari kegiatan adalah finalisasi hasil kegiatan di tahap pertama yaitu panduan dan instrumen pelaksanaan koordinasi teknis UPT di Jawa Tengah, panduan dan instrumen kegiatan refleksi komunitas belajar, panduan dan instrumen kegiatan refleksi narasumber berbagai praktik baik, panduan dan instrumen upgrading penggerak komunitas, panduan dan instrumen webinar series, serta pengembangan dashboard Platform Merdeka Mengajar (PMM) Provinsi Jawa Tengah. 

Diharapkan dengan hasil kegiatan ini pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka jalur mandiri dapat terdistribusi secara menyeluruh dan mencapai tujuan kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) sehingga Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas serta aktor lain dapat mengadakan kegiatan berbagi praktik baik Kurikulum Merdeka dalam bentuk seminar maupun lokakarya secara mandiri.