×
Tingkatkan Kompetensi Guru dan GTK dengan Memaksimalkan Komunitas Belajar yang Terukur

Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Tengah telah mengadakan kegiatan Penyusunan Instrumen Monev Komunitas Belajar Dalam Sekolah yang dilaksanakan pada tanggal 12 s.d 13 Februari 2023 di kantor BBGP Provinsi Jawa Tengah yang beralamat di Kp. Dadapan rt 06 rw 07 Kel. Jatikuwung, Kec. Gondangrejo Kab. Karangayar.

Dalam kegiatan tersebut peserta yang terlibat sejumlah 29 orang dari unsur  Widyaiswara, Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) dan staff tim kerja IKM-PSP BBGP Provinsi Jawa Tengah. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyusun instrumen yang dapat mengukur keadaan komunitas belajar dalam sekolah.

Komunitas belajar di lingkungan pendidikan adalah kelompok individu yang memiliki minat atau tujuan pempelajaran bersama dan berkumpul secara teratur untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan sumber daya dalam rangka meningkatkan pemahaman dan keterampilan. Manfaat Komunitas Belajar begitu berdampak bagi guru dan tenaga kependidikan diantaranya Pembaharuan pengetahuan dan keterampilan, pertukaran pengalaman, mendapat dukungan, pengembangan kreativitas, kolaborasi proyek, peningkatan profesionalisme, peningkatan diri, sumber daya bertambah, jaringan profesional dan dukungan karir. 

Dengan manfaat - manfaat diatas, komunitas belajar dapat menjadi alat yang sangat berharga dalam pengembangan profesional guru dan meningkatkan kualitas pengajaran mereka. Hal ini juga dapat membantu menciptakan iklim yang lebih kolaboratif dalam lingkungan pendidikan.

Peran guru dan tenaga kependidikan (GTK) sangat penting bagi terjadinya transformasi pembelajaran murid. Peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya melalui komunitas belajar. Konsep komunitas belajar dalam sekolah yang menjadi wadah bagi guru dan tenaga kependidikan untuk belajar bersama dan berkolaborasi secara rutin. Kegiatan dalam komunitas ini idealnya memiliki tujuan yang jelas dan terukur dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar murid.

Untuk memaksimalkan keberadaannya diperlukan kolaborasi yang baik dan komitmen bersama guru dan tenaga kependidikan dalam komunitas belajar tersebut.

Untuk memaksimalkan keberadaannya diperlukan kolaborasi yang baik dan komitmen bersama guru dan tenaga kependidikan dalam komunitas belajar tersebut. Pentingnya meningkatkan kapasitas unsur - unsur yang berada di dalam komunitas belajar perlu dilakukan pemantauan pada unsur - unsur tersebut.